Senin, 14 November 2011

Tips praktis mengemas barang sebelum bepergian.

Kemas.. kemas.. mungkin menjadi point penting bagi sobat traveler sebelum berpergian, tapi point penting ini kadang membuat kita bingung dan malas, atau bahkan tak bersemangat. Kalau saya sih biasanya bingung tetapi semangat hehehe :p
Berkemas kadang menjadi hal yang susah-susah gampang, maunya bawa yang praktis aja dan tidak berat, tetapi begitu melongok ke isi lemari, rasanya belum puas kalau belum memindahkan seluruh isi lemari kedalam koper, apalagi buat yang mau traveling tapi tetap bisa bergaya, bener nggak?? :D
Wah kalau sudah begitu sobat harus punya siasat yang tepat untuk mengemas barang, praktis tetapi komplit, nah apa saja triknya? check it out..!!

Pertama, Ketahui dengan pasti berapa lama sobat akan bepergian, ini akan menentukan isi tas sobat, karena semakin lama jadwal kita berpergian otomatis bawaan juga semakin banyak. Jika sobat hendak pergi untuk waktu yang lama, kurangi membawa pakaian yang tidak terlalu penting, utamakan hal-hal yang lebih penting, misalnya facial soap dari klinik kesayangan yang tidak bisa sobat jumpai di daerah tujuan, atau kotak obat untuk keadaan darurat.

Kedua, apa tema liburan sobat? pantai? gunung? kota besar?  kalau sudah ngerti tujuan, silahkan kemas busana yang sesuai dengan tema yang sobat pilih, ingat.. jangan membawa bikini jika tujuan sobat treking ke gunung himalaya (dijamin beku)  hehehe :p

Ketiga, Jika tempat tujuan sobat membuat sobat menjadi seorang shopaholic, pastikan menyisihkan sedikit ruang kosong di koper sobat, ini dimaksudkan supaya nantinya barang-barang buruan sobat mendapat tempat yang layak di dalam koper ( jika menggunakan angkutan udara,selalu ingat dengan limit bagasi yang disediakan yaa..) kecuali kalau sobat rela over budget untuk membeli bagasi lagi.

Keempat, Perhatikan assesories yang sobat bawa, kalau bisa diminimize silahkan diminimize.. misalnya pilih sepatu atau sandal yang casual, kira-kira bisa dipakai hampir disemua tempat dan situasi. Toiletries bawa yang mini aja, misalnya sampo, sabun dan odol (kalau menginap di hotel biasanya saya tidak membawanya karena saya biasa memakai produk yg disediakan hotel, atau membeli perlengkapan mandi ditempat tujuan. Tetapi kalau sobat tidak sreg dengan produk hotel silahkan bawa)

Kelima, Susun barang sesuai dengan urutannya, kalau versi saya, saya biasa menempatkan celana jeans di bagian dasar koper, kemudian kotak obat mungil dan toiletries, lalu saya tumpuk lagi dengan pakaian lainnya.
Menyusun barang sebenarnya sesuai dengan kebiasaan dan selera sobat, yang terpenting barang tersusun dengan rapi dan gunakan tali pengikat barang yang ada didalam koper, supaya barang-barang sobat tidak amburadul.

Keenam, Jangan lupa membawa tas cadangan yang bisa dilipat (tas kain/plastik). Tujuannya, saat balik dari bepergian, tempatkan baju-baju kotor di tas tersebut, sehingga tidak mengganggu barang-barang yang lain.

Ketujuh, Pastikan untuk mengecek semua barang, jangan sampai ada benda penting yang tertinggal, misalnya charger hp atau kunci koper, tempatkan benda-benda kecil tapi penting disebuah dompet khusus dan masukan ke hand bag sobat. Kalau sudah aman.. silahkan sobat tidur nyenyak dan pastikan keesokan harinya sobat bisa berpelesir dengan Happy ;)

2 komentar: