Senin, 07 November 2011

Serunya jalan-jalan di Singapore.

Berawal dari dapat tiket murah air asia, saya dan beberapa teman memutuskan untuk berlibur ke Singapore. Rencana kami buat serapi mungkin, waktu perjalanan sekitar lima hari empat malam. Liburan ini saya namakan liburan murah hehehe :P kenapa? karena dapat tiket murah maka yang lainnya juga harus murah. Seperti tempat penginapan, awalnya kami berencana menginap di hotel, tapi setelah searching bolak-balik nggak ada yang cocok, sampai akhirnya salah satu teman menyarankan kami untuk menyewa apartemen.
Pada akhirnya kami menyewa apartemen yang satu kamar bisa untuk empat orang. Biaya /malam menyewa apartemen sekitar 70S$, kalau dibagi empat berarti per orang hanya 17an S$ murah kan? dibanding dengan sewa hotel yang kisaran harganya 150S$ keatas.
Oke saya lanjut lagi ceritanya, perjalanan kami dimulai dari bandara Internasional ngurah rai Bali, waktu itu kami berangkat pukul sembilan pagi. Penerbangan dari Denpasar ke Singapura sekitar dua jam. Nah tiba di Singapura  sekitar pukul sebelas siang, begitu tiba di Singapura kami langsung mencari taxi dan menuju apartemen untuk beristirahat dan makan siang.
Sore harinya kami memutuskan untuk jalan-jalan dipusat perbelanjaan yang terkenal bayak orang Indonesianya hehehe.. sobat traveller yang udah sering ke Singapore pasti gak asing dengan orchad road dan lucky plaza kan? :D yup sepanjang jalan ini penuh dengan shopping mall, buat yang hobi shopping saya rasa ini surganya.



   

Keesokan harinya rute kami menuju merlion park, marina bay sands dan singapore flyer.

merlion park


Patung kepala singa berbadan ikan ini adalah lambang negara singapura yang udah tersohor, Kalau ke singapura dan belum berfoto sama patung ini, rasanya kurang lengkap deh.
Sedikit sejarah tentang patung ini ( buat yg penasaran kenapa ada singa berbadan ikan :D )
Jadi gini merlion itu berasal dari kata mer yang artinya laut dan singa (lion) jadinya singa laut. Merlion ini hanya mahluk dongeng yg digunakan sebagai ikon negara ini. Sedangkan badan ikannya merupakan lambang bahwa tempat ini adalah kota ikan yang dulunya bernama temasek.
Nah sebelumnya pada abad 11 masehi, seorang pangeran yang bernama Sang nila utama menemukan suatu pulau di wilayah temasek ini, pas mendarat dipulau tersebut beliau berhadapan dengan binatang buas, yaitu singa, makanya wilayah ini akhirnya di beri nama singapura.


marina bay sands






Masih di sekitar Merlion park, kita dapat melihat teluk marina dan diseberangnya ada gedung kembar tiga yang diatasnya ada bangunan berbentuk kapal, bangunan itu namanya marina bay sands, marina bay sands adalah tempat hiburan terpadu, mulai dari shopping mall, casino dan hotel.
Bahkan dari gedung tertinggi yang berbentuk kapal itu, kita bisa menikmati landscape yang indah sambil nengok-nengok kota singapore dari atas.
Gambar disamping ini adalah pemandangan kota singapore di malam hari, take picture-nya dari atas flyer, berhubung kamera saya tidak ada night shoot fiturnya, so gambarnya jadi buram deh. Singapore flyer adalah kincir raksasa terbesar didunia (emang gede banget) untuk satu kali putaran sekitar 45 menit. Ada juga ruangan khusus buat yang berpasangan, jadi bisa dinner sambil lihat pemandangan singapore dari atas kincir, romantis banget tuh.. kalau sobat traveler jalan-jalan ke singapore, saran saya kincir raksasa ini wajib dikunjungi hehehe :D

Perjalanan hari kedua lumayan seru,  dan hari ketiga kami sudah menjadwal untuk bermain sepuasnya di Universal studio. Tiket Universal studio sudah kami beli sebelumnya di Indonesia, biasanya lebih murah kalau beli lewat travel agen dan pilihannya pada hari biasa. Harga tiket USS sekitar 400rb rupiah.

Universal studio's globe
Menurut saya, bermain di universal studio mempunyai kepuasan tersendiri, dengan harga tiket yang tidak murah tetapi sesuai dengan fasilitas yang diberikan, saya berpetualang seru di theme park yang satu ini.
Sekedar tips buat yang mau berpetualang disini ya..
pertama, datang sepagi mungkin (tepat pada jam buka)  karena Uss lumayan besar jadi kalau datang tengah hari malah rugi karena banyak wahana yang terlewat. Jangan lupa bawa baju ganti jika berniat berkunjung ke wahana yang bermain dengan air. Saat masuk uss biarkan tangan sobat di cap oleh petugas, ini dimaksudkan jika sobat keluar dari area uss, sobat bisa masuk lagi, karena petugas akan mensensor cap tersebut, cap tersebut dari tinta sulfur sehingga tidak nampak dikulit. Kedua ambil peta yang biasanya tersedia di pintu masuk, lihat peta dengan teliti dan tentukan wahana mana yang mau sobat kunjungi, jangan lupa memperhatikan jadwal show jika sobat mau lihat pertunjukan spektakuler ala uss. Selanjutnya mulai deh petualangannya.. mau foto-foto sama betty boop, belanja sovenir, nonton show yg spetakuler, menguji adrenalin dengan berbagai permainan yang menantang sampai bermain ala anak kecil pun boleh dicoba.. :)              

Hari keempat, back to shopping, kali ini kami mengunjungi pusat-pusat belanja oleh-oleh murah yaitu di china town dan bugis street. Untuk yang mau beli oleh-oleh buat teman ato sodara bisa coba kesini, tetapi kualitas barangnya juga standard malah ada beberapa barang dengan harga three for ten$. Barang-barang yang biasa dijual disini seperti magnet kulkas, kaos singapore, gantungan kunci, tas dsb.
Usai belanja, saatnya mencoba kuliner, clarke quay pun menjadi pilihan kami. Sepertinya clarke quay adalah tempat nongkrong yang lumayan asyik, sepanjang jalan berjejer bar-bar yang menawarkan tempat nongkrong yang cozy banget, penataan arsitekturnya juga rapi dan keren abiz. So jalan-jalan sore sambil menikmati pemandangan kota bisa sobat nikmati disini. Setelah muter-muter akhirnya kami sampai di deretan restaurant yang menawarkan aneka makanan (sepertinya seafood semua) bingung juga sih, karena sepanjang jalan kami ditawari berbagai menu dengan iming-iming diskon, nah disini sobat perlu jeli untuk memilih restaurant yang tepat, karena diskon biasanya hanya untuk memancing customer aja.
Sampai akhirnya kami menemukan satu restaurant dan memesan menu chili crab (katanya ini ciri khas dari kuliner singapore).

Restaurant ini berhadapan dengan sebuah sungai dan pemandangan kota singapore. Makan malam di pinggir sungai dan menikmati pemandangan kota singapore pada malam hari.. mantaap.

Ngomong-ngomong harga makanan di tempat ini tergolong agak mahal (walaupun udah diskon) jadi buat yang nggak mau isi dompetnya terkuras abis, silahkan tanya sejelas mungkin sama waitressnya sebelum membuat pesanan.

Hari kelima adalah hari terakhir dari liburan kami, Sebelum berangkat ke bandara rupanya acara shopping belum juga berakhir (herannya masih aja ada yang kurang padahal koper udah mau jebol), untuk saat-saat terakhir kami mengunjungi arab street dan daerah sekitarnya. Sampai puas shopping dan waktunya kebandara.. eng.. ing.. eng.. udah ketebak ternyata over weight untuk bagasi, untungnya pada saat itu jatah saya masih ada beberapa kilo sehingga teman-teman saya tertolong dan tidak perlu membeli extra bagasi.
holidays end.. singkat tapi sangat mengesankan.
                                                                                                                                                                              
                                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                 

32 komentar: