Minggu, 30 Oktober 2011

Hongkong and China fantastic tour

Ini pengalaman saya pertama kali jalan-jalan keluar negeri, saya membeli paket tour yang lumayan murah, kalau nggak salah harganya sekitar 500 USD dengan masa perjalanan 7 hari 6 malam dengan fasilitas akomodasi yang sudah cukup lengkap, mulai dari makan pagi, siang dan malam, transportasi dengan bus pariwisata dan hotel berbintang. Tour ini di bulan oktober tahun 2009 lalu, biasanya memasuki bulan oktober cuaca masih hangat jadi  nggak masalah buat saya yang kadang rentan dengan cuaca ekstrim.
Perjalanan saya berawal dari Denpasar Bali dengan penerbangan International menggunakan maskapai Hongkong ekspress, nggak tanggung-tanggung jadwal keberangkatan  pukul 03.30 dini hari dan harus stand by di airport 2 jam sebelumnya untuk kelengkapan administrasi.

Perjalanan dari Denpasar ke Hongkong memakan waktu kurang lebih sekitar 6 jam, otomatis.. rombongan tour kami bermalam di pesawat dan tiba di hongkong sekitar pukul 09.30am, tidak ada perbedaan waktu antara Denpasar dan Hongkong, jadi lumayan gak jetlag hehehe :p
Setiba di Hongkong saya pikir kami akan langsung diajak menuju hotel dan beristirahat sejenak lalu melanjutkan perjalanan, ternyata tidak!! setiba di bandara seorang tour guide sudah menunggu dan langsung mengantar kami berkeliling hongkong ( aduh gak pake mandi dulu -_-! )
Tempat pertama yang kami kunjungi adalah ngongping 360 cable car alias kereta gantung.
Wah seru juga.. pertama kali tiba di HK langsung naik kereta gantung dan menghirup udara pegunungan yang segar, pemandangan dari atas kereta sungguh luar biasa, keren abis..

Setibanya di stasiun akhir kereta ini, kita bisa berbelanja souvenir dan pernak-pernik khusus ngongping 360. Tempat wisata di hongkong yang terkenal sangat banyak , sehabis dari ngongping 360 kami juga mengunjungi museum madam tussaud, avenue of star, repulse bay dll.
Gak lupa juga belanja oleh-oleh di toko-toko yang sudah tercatat dalam schedule.
Hari pertama sangat lelah tapi menyenangkan, setiba di hotel malam hari sekitar pukul 10.00pm saya langsung mandi dan tidur.
Hari kedua kami sudah berada di Shenzhen yaitu kota perbatasan antara hongkong dan china, kota shenzhen adalah kota yang bersih dan rapi, sepertinya kota ini adalah kota Industri karena saya melihat segala industri berkembang dengan baik di kota ini.
Di shenzhen kami mengunjungi window of the world, yaitu sebuah taman hiburan yang didalamnya berisi replika-replika keajaiban dunia, candi borobudur juga ada lho disini..

Hari ketiga dan keempat kami berada di kota Guangzhou, Kota ini identik dengan shopping karena banyak sekali pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang dengan harga murah. Hari ketiga diisi dengan acara bebas yaitu shopping, kalau acara bebas tentu tidak ditemani guide, alhasil bahasa yang saya gunakan pun campur aduk, nggak lupa juga saya membawa kalkulator kecil untuk penawaran harga.
Hari keempat kami diajak mengunjungi sebuah taman (saya lupa namanya), seperti taman kebudayaan gitu, di taman ini konon katanya tempat syuting film-film silat. Emang sih arsitektur dari taman ini mempunyai nilai seni yang tinggi dan terkesan klasik banget. Pertunjukan seni yang ditampilkan juga menarik banget untuk ditonton karena mereka mempertunjukan pertunjukan seni yang indah, seperti tarian, nyanyian dan drama, yang masing-masing mempunyai ciri khas dari daerah-daerah yang ada di daratan China.

Selain taman kebudayaan itu, kami juga diajak untuk mengunjungi gedung bersejarah, seperti gedung DPR gitu, kalau tidak salah nama gedungnya dr. sun yat sen memoriam. Di gedung ini kami diceritakan bagaimana dulu bangsa China mengalami revolusi dan tokoh pergerakannya adalah dr.sun yat sen itu sendiri.

Setelah puas berkeliling kota Guangzhou selama dua hari, keesokan harinya kami berpindah ke kota Zhuhai, sebelum mencapai kota Zhuhai kami mampir dulu di panyu, di panyu kami mengunjungi Lotus garden, di taman ini banyak orang berlatih taichi atau pernafasan, biasanya pada pagi hari. Dan juga diatas bukit teratai terdapat patung dr. sun yat sen, untuk melihat patung tersebut, harus naik tangga sampai ke puncak bukit sekitar 15 menit (lumayan tinggi) hitung-hitung olahraga :D.

Setelah olahraga naik turun bukit akhirnya perjalanan dilanjutkan ke kota Zhuhai, dari seluruh kota yang saya kunjungi di China, Zhuhai adalah kota favorite saya, tata kota yang apik dan super bersih bisa saya rasakan disini. Di Zhuhai kami mengunjungi lover street atau jalan kekasih, menurut tour guide, jalan ini biasanya di penuhi oleh muda mudi yang mau cari jodoh, jalan ini juga dekat dengan fish statue river, sungai ini mirip laut buatan dan ditengahnya ada patung seorang dewi menjunjung mutiara, yang artinya melambangkan cinta.
Hari keenam kami balik ke Hongkong dengan menggunakan boat, hari ini kami diberi optional tour antara Macau dan disneyland, waktu itu saya sempat bingung mau memilih yang mana, tapi akhirnya saya memilih disneyland. Untuk masuk disneyland kami membeli tiket seharga kurang lebih 400an HK$. Sayangnya waktu didisneyland saya lupa membawa kamera, alhasil momen-momen indah jadi tidak bisa diabadikan :(
Hari ketujuh adalah hari terakhir kami di kota HK, tiket penerbangan kami pukul 09.30 pm, artinya di pagi sampai sore hari kami masih punya waktu untuk jalan-jalan, saya bersama beberapa teman grup memutuskan untuk menghabiskan waktu di ocean park, kali ini tidak termasuk paket, so kami jalan sendiri.. dengan modal nekat dan peta kami berpetualang naik MRT dan bus (sempat nyasar ga tau dimana) tapi akhirnya sampai juga di ocean park.Tiket masuk ocean park gak jauh beda dengan tiket disneyland sekitar 400an HK$, tapi kali ini saya gak lupa bawa kamera hehehe :)

Waktu berjalan dengan cepat, sore hari rasanya cepat berlalu, buru-buru kami balik ke hotel (kali ini gak pake nyasar), sampai di hotel guide tour sudah menunggu dan siap mengantar kami ke bandara.
Tujuh hari di China adalah saat-saat yang berkesan buat saya. Saya berharap suatu hari bisa balik kesana lagi.