Sabtu, 22 Agustus 2015

Sepat ikan bakar, kuliner nikmat khas sumbawa.



Sepat ikan bakar, khas Sumbawa
Pulang ke tanah kelahiran pastinya menjadi hal yang istimewa buat perantau yang sudah lama merindukan kampung halamannya. Seperti saya yang baru sempat pulang ke kota kelahiran tercinta, Sumbawa besar.

Seperti mengalami deja vu, saat menelusuri jalan-jalan yang dulu sering saya lalui, penggalan berbagai kenangan melintas begitu saja dipikiran saya. Rasa rindu akan masa lalu, membuat saya ingin mengulang waktu lagi.

Sembari menikmati siang hari, reuni bersama teman-teman lama cukup untuk mengenang kenangan manis dulu. 

Berlokasi di pantai baru, reuni dan makan siang ditemani sepat ikan bakar, kuliner nikmat khas sumbawa dengan rasa yang juga asli dari ahlinya, menjadikan acara reuni semakin asyik.

Ikan bakar ditemani dengan sambal tomat dan kerupuk kulit, juga kuah sepat yang menggiurkan, ditambah lagi nasi hangat dan pelecing kangkung.. hmm... rasa kuliner asli seperti ini memang hanya bisa dinikmati ditempat asalnya. 

Seperti tidak ingin berhenti menikmati sedapnya kuliner ini, tak terduga dua piring nasi bisa saya habiskan. Rasa sedap, gurih dan nikmat kuah sepat cukup untuk mengobati rasa rindu akan kampung halaman tercinta yang tidak bisa saya dapatkan ditempat lain.

Yang paling spesial dari kuliner khas sumbawa ini adalah kuah sepatnya, rasa asam, asin dan segar yang terbuat dari campuran terong bakar, daun aru, dan jeruk monte. Bisa saja membuatnya sendiri dirumah, tetapi ada beberapa ingredient yang agak susah didapat ditempat lain.
Jadi memang lebih baik, jika ingin menikmati kuliner khas Sumbawa ini, langsung saja dinikmati ditempat asalnya.

0 komentar: