Jumat, 25 April 2014

Taman Narmada, sumber mata air awet muda, Lombok.


peta taman narmada
Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi masyarakat lokal pulau Lombok adalah taman air narmada.

Tempat ini disenangi masyarakat lokal karena harga tiket masuk yang cukup terjangkau dan juga suasana taman air yang indah menjadi tempat yang asyik untuk bersantai.

Harga tiket masuk hanya Rp.10.000/orang. Jika sobat traveler ingin merasakan suasana taman narmada seperti apa.., sobat traveler bisa langsung datang ke lokasi taman yang tidak jauh dari pusat kota Mataram, Jika bingung, sobat bisa menggunakan taxi atau jasa travel agen setempat.

Taman narmada ini adalah salah satu warisan dan sejarah dari kerajaan Mataram yang berdiri sekitar tahun 1727. Ada banyak cerita dari setiap sudut arsitektur dan penataan taman air ini. Jika sobat traveler sedang mencari info, sobat bisa menyewa jasa pemandu untuk menceritakan lebih detil tentang seluk beluk taman narmada.


Taman narmada ini adalah taman yang dibangun oleh raja Mataram. Dimulai dari gerbang masuk, sobat bisa melihat peta taman dan menemukan bagian-bagian tempat yang menarik untuk sobat telusuri.

Di dalam taman, pemandangan yang indah disuguhkan ala kerajaan tempo dulu. Masih ada rumah panggung sebagai istana raja yang berdiri kokoh. Walaupun sudah mengalami berbagai pemugaran, tapi bentuk dari bangunan asli tetap dipertahankan.

Ada juga pura-pura tempat ibadah umat hindu, sobat traveler bisa naik kebagian atas taman dengan menapaki anak tangga yang lumayan tinggi. Halaman pura yang luas, dan suasana rindang disekitar pura membuat perasaan menjadi tentram. Tapi sayangnya pura –pura tersebut tidak dibuka untuk umum, sobat traveler hanya bisa melihat dari luar saja. Pura-pura tersebut merupakan warisan dan bukti  adanya umat hindu dari kerajaan terdahulu yang juga merupakan salah satu pura tertua di Lombok dan masih digunakan oleh pemuka agama serta umat hindu untuk beribadah hingga saat ini.

kolam air narmada
Sesuai dengan namanya yaitu taman air, sobat pasti dapat melihat banyak sekali kolam yang terdapat didalam taman, mulai dari taman bagian depan, ada telaga kembar, konon katanya, raja suka berjalan-jalan ditelaga tersebut untuk waktu bersantainya.

Dibagian tengah taman juga terdapat kolam besar, dan balai pertirtaan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mata air yang terdapat dalam balai pertirtaan adalah mata air yang mujarab untuk membuat orang awet muda. Mata air tersebut merupakan pertemuan dari tiga sumber mata air, yaitu mata air gunung rinjani, suranadi dan lingsar, konon katanya orang yang membasuh muka dan minum air dari mata air tersebut akan awet muda. Untuk masuk kedalam balai tersebut, sobat harus membawa kembang, jerigen dan niat yang baik. Didalam balai ada pemuka adat yang siap membantu sobat. Tapi itu semua kembali kepada kepercayaan sobat masing-masing. Tidak ada paksaan untuk masuk kedalam balai tersebut.

Jika ditelusuri, banyak sisi taman yang jauh dari keramain, saya sendiri waktu berkunjung kemari menelusuri bagian belakang taman, tempat ini sepi dan mungkin merupakan jalan yang tersambung ke pedesaan narmada, ada sungai yang memisahkan perkampungan dan area taman, pemandangan ditempat itu sungguh masih alami dan sejuk, menghabiskan waktu ditempat yang jauh dari keramaian dengan memotret pemandangan indah adalah hal yang menyenangkan buat saya.

Cukup banyak waktu yang bisa dihabiskan jika mau menelusuri semua bagian taman, terlebih jika sobat traveler suka memotret dan menggali cerita sejarah dari taman narmada ini. 

Seperti tempat wisata pada umumnya, taman narmada juga diramaikan oleh penjual aneka kuliner khas sasak dan juga cindramata, yang berada dipintu keluar. Bagi sobat traveler yang mau berbelanja, pastikan untuk menawar harga dengan bijak.

Adapun kuliner khas narmada tersebut adalah sate ampet yang disajikan dengan bumbu pedas dan bulayak, penganan ini adalah salah satu kuliner asli Lombok.


Jika sobat traveler suka dengan keramaian, datanglah pada hari minggu, dan sobat bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, tetapi jika tidak terlalu suka dengan keramaian datanglah pada hari kerja (bukan weekend). Waktu yang tepat mengunjungi taman narmada adalah pagi hari hingga menjelang sore hari, 

TIPS:
Berpakaian yang sopan adalah hal yang wajib jika bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat sakral, seperti pura. 
Tidak buang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian lingkungan taman dan jangan lupa membawa sebotol air mineral untuk pelepas dahaga dan mencegah dehidrasi.

1 komentar: