Sabtu, 29 Desember 2012

Penginapan alternative ala backpaker.

Liburan di penghujung tahun 2012 telah tiba, bilamana sobat traveller baru memutuskan untuk bepergian dan baru mencari penginapan, ada beberapa hal yang menjadi kendala.
Jika memutuskan untuk bepergian di musim high season, tempat-tempat wisata yg ramai di kunjungi para wisatawan seperti pulau Bali, biasanya susah untuk mendapat penginapan.
Disamping susahnya mendapat penginapan, harga pun melonjak drastis dan menjadi berkali lipat dari harga normal.
Nah kalo sudah begitu niat mau liburan hilang sekejab kan?  hehehe =D
Hmm sebetulnya ada satu solusi yg bisa sobat coba, asal cocok dengan jiwa petualangan sobat, solusi ini biasa dipakai oleh penggila traveling atau para backpaker, baik lokal maupun mancanegara.
Mau  tau apa itu? hmmm kasih tau nggak yaa.. :D
Ok deh saya bocorkan rahasianya, buat kamu penggila travelling mungkin sebagian besar sudah tau tentang komunitas para backpaker, tapi buat yang jarang travelling mungkin belum tau tentang komunitas ini.
Sebenarnya ada banyak sekali komunitas backpacker dari seluruh dunia, tetapi yang saya bahas saat ini hanya satu dan sudah mempunyai reputasi yang cukup baik berkala internasional.
Couchsurfing adalah salah satu komunitas backpacker Internasional, komunitas ini memberi kesempatan kepada para traveller untuk menjalin komunikasi satu sama lain. Lalu apa hubungannya dengan penginapan alternative?  nah sob, justru disinilah rahasia para backpacker untuk mengarungi jagad raya hahaha :D, pernah heran kan kalo liat bule kok bisa ya keliling dunia kemana aja padahal duit pas-pasan.
Di couchsurfing, para member bisa berinteraksi satu sama lain dan mempunyai peran masing-masing, ada yang menjadi surfer, host atau guide, nah jika sobat memutuskan untuk menjadi surfer, sobat bisa mencari host di kota/negara tujuan yg sobat inginkan, sobat bisa mengirimkan permintaan host kepada salah satu member, nah jika disetujui maka sobat sudah mendapat tempat penginapan dan istimewanya penginapan gratis.. yeaaa hebat kan?
Dimana sobat bisa mengetahui lebih lanjut mengenai couchsurfing? langsung saja kunjungi websitenya di www.couchsurfing.org
Ingat dibaca segala informasi penting tentang couchsurfing, jangan lupa menaati term of service ya.
Satu lagi, dalam suatu komunitas, reputasi adalah hal yg utama karena disitulah letak kepercayaan antar member bertumpu, so bangun reputasi yang baik dan jadilah traveller sejati yang bertanggung jawab ok..!!

my profile preview at couchsurfing,


Sampai saat ini saya baru berperan sebagai host dan guide, teman yg saya tampung dari eropa, antara lain dari colombia, Belarus dan cekoslovakia dan ada juga dari USA, pengalaman menjadi host n guide lucu dan seru,dimana saya bisa berlatih bahasa inggris yang amburadul.

Ok, sudah tau kan rahasia kenapa para backpacker bisa berpetualang kemanapun mereka mau tanpa ribet mikirin urusan penginapan? mau mencoba serunya travelling ala backpacker? silahkan langsung ke TKP :)


2 komentar: