Kamis, 03 November 2011

Suranadi, hutan wisata yang masih alami.

Suranadi adalah hutan wisata yang masih alami, hutan wisata ini terletak di kabupaten lombok barat NTB.
Hawa dingin dan udara segar adalah ciri khas tempat ini. Buat pecinta kuliner, mungkin suranadi adalah tempat yang tepat buat sobat, boleh coba sate bulayak dan jajanan khas suranadi.
suranadi gate
Sate bulayak adalah sate daging yang diberi bumbu santan dan memakannya sangat enak jika ditemani dengan bulayak (sejenis lontong). Kudapan ini mempunyai rasa yang pedas dan sedikit asin tapi gurih dan nikmat.
Saya betah duduk lama-lama di berugak (gazebo) sambil menikmati sate bulayak sembari berbincang-bincang dengan teman. Kalau hari minggu biasanya tempat ini sangat ramai dipenuhi pengunjung.
masakan khas suranadi
Suranadi terkenal dengan mata airnya yang masih alami. Air yang mengalir lewat sungai masih murni dari mata air pegunungan dan tidak tercemar limbah.
Kolam pemandian pun ada buat sobat yang hobi berenang, tapi jangan kaget dengan suhu air kolam yang cukup dingin, kalau menurut saya sih seperti air dingin dari kulkas.. brrrr dingin banget. Karena murni dari mata air, kolam ini banyak ikan-ikan kecil, so sobat bisa berenang ditemani ikan hehehe.. tapi jangan takut.. kolam ini cukup bersih kok, karena beberapa bulan sekali kolam dikuras dan dibersihkan lumut-lumutnya.
Satu lagi yang saya suka yaitu belanja oleh-oleh jajanan khas suranadi, jajanan khas suranadi yang terkenal  yaitu aneka dodol, macam-macam dodol tersedia di tempat ini, ada dodol sirsak,nangka,madu mongso dsb.
Rasa dodolnya dijamin legit, manis dan gurih.. hmmmm..
jejeran warung sate bulayak
Bagi yang ingin mencoba masakan khas suranadi lainnya, sobat bisa mencobanya di beberapa lesehan dan restaurant yang ada disekitar daerah tersebut. Saya dan teman-teman biasanya lebih memilih paketan, karena harganya lebih murah daripada membelinya dengan harga satuan.
Ciri khas masakan suranadi yaitu telur gulung, pelecing kangkung, ikan bakar, ayam goreng, ayam pelalah, beberuk dan sup ayam.
kolam pemandian suranadi
So buat sobat yang lagi traveling ke pulau Lombok, rugi kalo gak mampir kesini. :D





sungai yang masih bersih dari mata air murni




0 komentar: